PENDEKATAN DIALOGIS DAN INKLUSIF PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MASYARAKAT MAJEMUK

Authors

  • Hilda A. Patandi STT Sulbar di Mamuju Author
  • Orin Herdalina STT Sulbar di Mamuju Author
  • Make STT Sulbar di Mamuju Author
  • Revita STT Sulbar di Mamuju Author

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, Masyarakat majemuk, Pendekatan dialogis, Pendekatan inklusif, Toleransi, Pluralisme

Abstract

Indonesia sebagai negara yang multikultural menghadapi tantangan serius dalam menjaga keharmonisan di tengah keberagaman agama, budaya, dan suku bangsa. Pendidikan Agama Kristen (PAK) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik yang tidak hanya kuat dalam iman, tetapi juga mampu hidup berdampingan secara damai dan toleran. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengusulkan pendekatan dialogis dan inklusif sebagai solusi dalam menjawab tantangan pluralisme di masyarakat Indonesia. Pendekatan dialogis menekankan pada pentingnya komunikasi yang terbuka, saling mendengar, dan pemahaman lintas agama dalam semangat kasih Kristus, sementara pendekatan inklusif menekankan penerimaan dan partisipasi aktif semua peserta didik tanpa diskriminasi. Dengan menggunakan metode studi pustaka, tulisan ini menunjukkan bahwa integrasi kedua pendekatan tersebut dalam Pendidikan Agama Kristen dapat memperkuat fungsi pendidikan sebagai agen perdamaian, pemersatu, dan transformasi sosial. Pendidikan Agama Kristen yang dialogis dan inklusif diharapkan dapat membentuk generasi Kristen yang memiliki iman yang tangguh, karakter yang inklusif, dan kemampuan membangun relasi lintas budaya dan agama secara konstruktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darma, Ferdi Eka, Walde Mesah, Semuel Linggi Topayaung, “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen untuk Membangun Toleransi pada Masyarakat Majemuk”, Vol.1, No.4 November 2024: https://doi.org/10.61132/anugerah.v1i4.195

Epafras, Leonard Chrysostomos, “Dialog Lintas Agama menurut Agama Kristen”, (Surabaya: Global Aksara Pers:2023), 13,18-20, edisi Digital Adobe PDF.

Gulo, Rezeki Putra, Erwin Zai, Agusmawarni Harefa, “Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk: Mencerminkan Hidup Humanis di tengah-tengah Pluralisme”, Volume. 2, Nomor. 2, Edisi Januari2023(81-90): 3-4, https://doi.org/10.53814/eleos.v2i2.32

Laia, Denisman, Ebenezer Gulo, Liena Hulu, Semuel Linggi Topayung, “Kontribusi Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kehidupan Harmonis di Masyarakat Majemuk”, Vol.1, No.4 November 2024: 1-2, https://doi.org/10.61132/anugerah.v1i4.194

Larosa, Pdt. Arliyanus, M.Th, “Dialog Dalam Perspektif Amanat Agung”, PENUNTUN, Vol. V No.19,2003: 305-306

Manalu, Immanuel Lando, Iswahyudi, Lista Valentina, Wahyu Bintoro, Damaria Pasaribu, “Model Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengembangkan Masyarakat Majemuk Di Indonesia”, Volume 6, Number 1 (2023): 45-57,

https://indonesiastt.ac.id/journal/index.php/ijr/article/download/29/19/208

Mbelanggedo, Nelci, Semy Djulandy Balukh, “Pendidikan Agama Kristen Inklusif Di Era Posttruth: Pendekatan Dialog Interspiritual”, Volume 1 Nomor 1; Januari2025 Hal. 46-59, https://jurnal.stakagj.ac.id/index.php/ImitatioChristo/index

Ndruru, Yurniman, Yurlina Ndruru, Indri Purnama Putri Harefa, Semuel Linggit Topayung, “Pak Sebagai Agen Perubahan dalam Masyarakat Majemuk: Perspektif Kultural dan Sosial”, Vol.1, No.4 November 2024, https://doi.org/10.61132/damai.v1i4.183

Pratiwi, Nurasikin, Mela Ernia Sari, Nursyavika Auni, Ferry irawan Saputra, “Dialog Lintas Agama Dalam Pendidikan: Pemahaman Dan Hidup Berdampingan Dalam Perspektif Islam”, Journal Transformation of Mandalika. Vol. 5, No.8, 2024: 442, https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm

Rahel, “Pendidikan Agama Kristen Sebagai Sarana Untuk Mempromosikan Toleransi Dan Persatuan Dalam Masyarakat Majemuk”, Vol.6, No.1, Januari 2024: 1-3, https://ejournal.sttdp.ac.id/metanoia/article/view/130/96

Saputra, Andy, “Pendidikan Agama Kristen Dan Pembelajaran Inklusif Dalam Kurikulum Merdeka “, Vol. 4 No. 3 Oktober 2024: 2, https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/download/940/982/1866

Sinaga, Donna Crosnoy, Marlina Nasrani, Daniel Dowansiba, Elsina Sanawaty, Angel Sarsarulu, “Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk”, Vol 1, No 1, Agustus 2021, (49-57): 6-7, https://e-journal.stteriksontritt.ac.id/index.php/prosiding

Sitorus, Ester, “Peranan Pendekatan Dialog Interaktif Dalam Pembelajaran Mk Etika Kristen Terhadap Hasil Uts Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika (Fmipa)”, Vol. 4 No. 3 Special Issue 2024, 495-506: 501, http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Waruwu, Christin Sekar Mawarni, Sri Ulina Karo Karo, Aris Katanga Mbuha Jarang, Heles Babawat, “Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk: Membangun Kepemimpinan Dan Nilai-Nilai Kristen” Inculco Journal of Christian Education Vol. 4, No. 2 Juni 2024: 1-2,

https://ejournal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/article/view/185/107

Wiranto, Harun Puling, Susiana Lase , Semuel L. Topayung, “Implementasi Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk” , Vol. 1, No. 4 November 2024: 66-68, https://ejournal.aripafi.or.id/index.php/Damai

Downloads

Published

2025-06-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENDEKATAN DIALOGIS DAN INKLUSIF PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MASYARAKAT MAJEMUK. (2025). Jurnal Teologi Eranlangi, 2(1), 86-104. https://e-jurnal.sttsulbar.ac.id/index.php/jte/article/view/13